Parkour /& Freerunning (atau P/& FR), adalah sebuah olahraga yang mengedepankan pergerakan atletnya seefisien mungkin untuk menaklukan tantangan-tantangan seperti: naik ke atas atap/balkon, menyeberangi parit yang lebar, memanjat /gelantungan di pohon,dll. Gunanya pergerakan itu agar waktu tempuh sang atlet menuju suatu tempat dapat dicapai dengan secepat dan seefisien  mungkin.

Mungkin anda pernah melihat iklan minuman berenergi Kratingdaeng, yang mana dua orang berpacu menuju suatu rumah. Orang pertama menggunakan motorcross, sementara yang satu lagi berlari sambil melakukan gerakan akrobatis aneh untuk menaklukan rintangan yang ada di depannya. Lihatlah bagaimana orang kedua si traceur (sang atlet Parkour) itu menaklukan rintangan di hadapannya, seperti memanjat dinding tinggi, melompati pagar dan lain-lain.

Gerakan-gerakan ini pernah juga diperagakan oleh iklan rokok Mezzo. Begitu juga dalam filem “Casino Royale” nya agen 007, dimana dalam filem itu Bond, sang agen, mengejar penjahat yang diperankan oleh penemu Parkour yaitu “Sebastian Foucan”, baru-baru ini dalam filem Bond, Quantum of Solace juga diperagakan adegan Parkour tersebut, iklan Surya Slim dan begitu di filem Die Hard 4.0 ada sepotong adegan Parkour/Freerunning di sana

Sebenarnya ada perbedaan antara Parkour dengan Freerunning ini, Jika Parkour lebih mengedepankan efisiensi dari pergerakan tubuh manusia, sementara Freerunning berfilosofi “bergerak di lingkungan sekitarmu, sesuai gayamu, dan ikuti jalurmu sendiri”, tetapi Freerunning tetap berprinsip pada prinsip beregerak secepatnya mungkin, tapi dalam hal ini gerakan Freerunning lebih punya variasi gaya dibanding Parkour.

Penemu Parkour adalah Sebastian Foucan dari Perancis bersama temannya David Belle, yang mana Belle di kemudian hari mengembangkan Parkour menjadi apa yang disebut Freerunning sehingga kedua sahabat itu mempunyai cabang olahraga masing-masing.

Begitu menariknya olahraga ini di kalangan masyarakat urban, sehingga sekarang telah bermunculan atlet-atlet profesional Parkour/Freerunning ini, sebut saja Paul “PD” Darnell, King David (bukan Nabi/Raja Daud neeh), Austin “teh stOne” Major (bener-bener teh tulisannya), Brian “No Sole” Orosco, Lucas Ryan, dll

Itulah sebagian dari nama-nama atlet profesional Parlour/Freerunning, hmm jika anda tertarik mempelajari olahraga ini mungkin anda dapat mencari referensi di situs-situs macam:

http://www.americanparkour.com

http://worldwidejam.tv/index.html

Atau bisa juga anda mencarinya lewat bantuan Google atau Wikipedia

Untuk di Indonesia mungkin anda bisa mencari informasinya di situs dan forum2 seperti:

http://www.parkourindonesia.web.id/

http://www.indoforum.org

http://www.forum.detik.com

Di salah satu televisi swasta Indonesia sya pernah melihat tayangan mengenai orang-orang yang menekuni olahraga ini di bilangan Senayan/Gelora Bung Karno, mungkin bagi anda yang tinggal di Jakarta atau Jabodetabek bisa langsung mencari informasi di situ

Gerakan-gerakan dasar dalam Parkour/Freerunning:

No.

Bhs Perancis

Bhs Inggris

Penjelasasan

1.

Atterrissage or reception

Landing

Berlutut ketika telapak kaki menyentuh tanah (jangan pernah mendarat dengan berdiri tegak, pastikan selalu mendarat dengan keaadan ibaratnya badan anda bola)

2.

Équilibre

Balance

Menjaga keseimbangan dalam melewati sebuah rintangan/titian dengan

3.

Équilibre de chat

Cat Balance

Menjaga keseimbangan dengan cara merangkak dengan kaki dan tangan, ibaratnya kucing untuk melewati sebuah rintangan/titian

4.

Franchissement [f???.?is.m??]

Underbar, jump through

Melompat atau mengayun melewati tantangan yang berbentuk celah/jurang

5.

Passe muraille [pas my.?a?]

Pop vault, wall hop

Menaklukan tantangan berupa dinding, biasanya dengan menendang dinding tsb, agar bisa merubah momentum gerakan ke depan menjadi momentum gerakan naik, sebuah Passe muraille dengan bantuan tangan (biasanya tangan dipakai untuk meraih suatu pegangan di dinding atau atap sebuah bangunan) disebut “Dyno”

6.

Passement [pas.m??]

vault

Istilah umum untuk melompati sebuah rintangan dengan cara meloncat

7.

Demitour [d?mi tu?]

Turn vault

Meloncat dengan gerakan berputar 180 derajat. Disebut juga setengah beputar. Gerakan ini biasanya dilakukan ketika menempatkan diri anda bergantung di sisi lain suatu obyek/rintangan dalam usaha memperpendek gerakan jatuh anda, atau ketika anda bersiap-siap untuk melompat

8.

Reverse vault

Loncatan memuatr balik 360 derajat, gerakan ini dipakai ketika sang atlet kehilangan momentum dalam menghadapi tantangan sebelumnya

9.

Planche [pl???]

Muscle up or climb-up

Gerakan untuk mengangkat badan anda dari keadaan menggantung di suatu obyej (dinding, rel, batang pohon, dll) menjadikan badan anda berada di atas obyek tsb, sehingga anda dapat melakukan gerakan naik selanjutnya

10.

Roulade [?u.lad]

Roll

Berguling ke depan, dimana tangan, kaki dan bidang diagonal dari punggung anda menyentuh tanah, Gunakan untuk menyerap momentum/energi setelah anda melompat

11.

Saut de bras [so d bra]

Arm jump, cat leap

Mendarat di sisi lain sebuah rintangan dalam posisi bergantung/membungkuk, tangan memegang atap/sisi atas rintangan tsbs, dan anda bersiap melakukan Planche/Muscle up (gerakan no. 9)

12.

Saut de chat [so d ?a]

Cat jump/pass, (king) kong vault

Merangkak/tiarap utl melewati tantangan, sehinggan badan anda berbentuk horizontal, lalu tarik tangan dan hentakkan kaki sehingga badan anda berada dalam posisi vertical dan bersipa untuk mendarat

13.

Saut de fond [so d f??]

Drop

Mendarat ke tanah/lantai

14.

Saut de détente [so d? de.t??:t]

Gap jump

Melompat melewati celah/jurang/ atau suatu jarak tertentu, biasanya diikuti dengan gerakan roulade/roll (gerakan no. 10)

15.

Saut de précision [so d presizi??]

Precision Jump

Melompat secara hati-hati dan teliti sehingga anda bias mendarat di posisi yang tertentu atau posisi yang telah ditentukan

16.

Tic tac [tik tak]

Tic Tac

Menendang dinding/rintangan dalam usaha menaklukan rintangan atau memperoleh momentum gerakan naik ke atas, biasanya herakan menendang ini dilakukan secar tic tac anata kaki kiri dan kanan sehingga anda terus naik,..naik dan naik…..

Demikianlah sebagian dari gerakan-gerakan dasar Parkour/Freerunning, tapi ingat sebagai pemula anda jangan melakukan gerakan-gerakan ini tanpa bantuan guru atau mentor anda yang merupakan traceur (sebutan untuk atlet olahraga ini) yang berpengalaman, dan jangan lupa mempersiapkan hal-hal berikut:

1. Tutup kepala yang memadai, biasanya berupa topi atau bandana saja cukup, lebih dr itu bagus hehehe

2. Baju dan celana yang nyaman untuk olah raga

3. Tangan yang kuat, terutama bagian peregelangan, karena sebagian besar gerakan Parkour/Freerunning memerlukan tangan yang kuat, jadi anda harus melatih tangan anda untuk selalu kuat, dengan cara push-up atau latihan beban yang cukup dan jangan lupa memakai gelang tangan dari yang nyaman seperti gelang tangan handuk, dll

4. Kaki yang kokoh, sama seperti tangan bagian ini juga cukup bekerja keras, jadi kaki harus dilatih juga, dengan cara berrlari dan latihan beban secukupnya.

5. Bagian badan anda yang lain seperti perut harus cukup mendapat latihan juga, misalnya dengan gerakan sit-up atau push-up

6. Sepatu yang nyaman, solnya harus cukup nyaman dipakai, biasanya sepatu jenis “cross-trainer” atau sepatu “outdoor” yang ringan cukup memadai untuk ini.

7. Tas kecil untuk menyimpan berbagai keperluan jika perlu

8. Persiapkan diri anda dengan pemanasan terlebih dahulu dan jaga selalu kondisi kesehatan anda, ya jelas jangan berolahraga ini ketika sedang sakit, kecuali terdesak tentunya hehehe

Selamat mencoba dan menikmati olahraga ini

Oleh JA

Sumber: http://www.americanparkour.com, http://worldwidejam.tv/index.html, http://www.parkourindonesia.web.id/, http://www.indoforum.org http://www.forum.detik.com, http://www.fiveten.com, wikipedia, google